7 Tips Jitu buat Menjauhi Amarah

7 Tips Jitu

7 Tips Jitu buat Menjauhi Amarah: Seseorang laki- laki tiba kepada Nabi ( mudah- mudahan damai serta berkah Allah besertanya) serta memintanya(damai serta berkah besertanya) buat nasihat. Ia ( Damai serta berkat besertanya) mengatakan,

“ Jangan marah.” Laki- laki itu mengulangi permintaannya buat memohon nasihat, serta tiap kali, Nabi menanggapi dengan satu kalimat yang merangkum seluruh perilaku serta sikap yang baik:” Jangan menjadi marah.” ( Bukhari)

Walaupun Kamu bisa jadi tidak bisa menjauhi kemarahan serta perilaku kasar orang lain, Kamu tentu bisa mengalami suasana semacam itu dengan metode yang bijaksana serta produktif.

Kemarahan dapat semacam api. Serta Kamu tidak bisa jadi memadamkan api dengan percikan api lain, ataupun menuangkan bahan bakar ke atasnya- ini akan menciptakan api besar yang dapat menelan seluruh orang, termasuk Kamu sendiri. Sementara itu menuangkan air ke atas api akan memadamkannya, bila tidak dimatikan akan mengakhirinya semuannya. Mempunyai watak yang tenang serta toleran bisa melawan amarah semacam air yang bisa memadamkan api.

Bereaksi dengan tenang serta toleran terhadap suasana marah bisa jadi awal mulanya nampak pasif- tapi siapa hirau! Bila Kamu cuma mau meningkatkan bahan bakar ke dalam api, situasinya bisa jadi akan lepas kendali serta berakhir dengan pertarungan yang tidak terduga.

Saya sepakat kalau jadi orang yang tenang serta toleran memanglah memerlukan banyak disiplin diri, yang umumnya“ susah”.

Berikut merupakan sebagian tip yang sudah terbukti dapat menghindari kemarahan:

  1. Kamu wajib menguasai bila kemarahan bukanlah persoalan kekuatan ataupun keahlian.

” Orang kokoh tidaklah orang yang dapat bergulat, tetapi orang yang dapat mengatur dirinya dikala lagi marah.” Bukhari)

  1. Anggap kemarahan sebagai infeksi

Jaga jarak dari orang- orang yang pemarah itu, terlepas dari sepanjang mana kemarahan mereka serta alibi di baliknya. Jangan bereaksi dengan metode yang menunjukkan kebencian. Melaksanakan perihal itu bisa jadi cuma hendak memperparah amarah serta memperparah suasana.

  1. Jangan ragu untuk menunda reaksi Anda

Itu tidak akan merusak martabat Anda atau menodai citra Anda. Anda dapat mengakhiri kehadiran Anda dalam situasi ini. Baik secara fisik atau jika itu percakapan melalui telepon, atau kehadiran virtual dengan mengobrol, dan bereaksi nanti ketika Anda siap secara mental untuk menghadapi situasi secara positif.

  1. Ingatlah kepentingan Umat Muslim

Jangan saling marah dan jangan iri satu sama lain dan jangan saling berpaling, dan jadilah hamba Allah saudara. Tidak halal bagi seorang Muslim untuk menghindari saudaranya selama lebih dari tiga malam. ” (Muwatta Imam Malik)

  1. Bereaksi dengan statment yang menenangkan

Misalnya,“ Aku paham perasaan Kamu, aku ketahui Kamu tentu marah, dll. Cobalah serta hindarkan orang yang marah dari benak yang terus membuat mereka marah.

  1. Beberapa kata yang baik dapat memberikan efek yang mengejutkan

Mengubah keseluruhan situasi menjadi suasana hati yang menyenangkan akan membantu mengurangi ketegangan. Di sisi lain, kata-kata kasar memicu pembalasan. Perhatikan kata-kata Anda karena kata-kata itu dapat mengatur nada untuk keseluruhan situasi

  1. Jangan menjadi orang yang pembenci

Jika Anda membenci sikap orang yang sedang marah, ketahuilah bahwa bereaksi dengan kasar akan membuat Anda sangat mirip dengannya, jadi sebaiknya Anda berhati-hati.

Kuatkan diri Anda dan jaga sikap tenang Anda dalam menahan situasi. Bijaklah. Pengendalian diri adalah landasan untuk membuat kemarahan orang.

Ingatlah bahwa Nabi kita tercinta (Damai dan berkah Allah besertanya) tidak pernah membalas dendam atas masalah pribadi.

Diriwayatkan bahwa “Nabi tidak pernah membalas dendam untuk dirinya sendiri, tetapi jika hukum Allah dilanggar, dia akan membalas dendam demi Allah.”

Baca juga: 10 Tip Hebat buat Mengendalikan diri!

Tetap bijak dan terapkan keutamaan kesabaran, yang merupakan alat utama Anda untuk mencegah sikap agresif dan amarah.

Ingat, 7 Tips Jitu buat Menjauhi Amarah untuk menjaga hubungan dan sikap yang Anda kembangkan dalam hidup Anda akan memengaruhi produktivitas Anda.

Jadi tetaplah positif dan hindari hal-hal negatif!