Beli Rumah Tanpa Riba tapi takut? Begini Caranya

Beli Rumah Tanpa Riba tapi takut? Begini Caranya – Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah tempat tinggal atau rumah. Tanpa rumah, manusia tidak akan memiliki tempat untuk istirahat yang nyaman dan tempat berlindung dari panas, hujan, maupun gangguan lainnya. Sehingga, manusia berbondong-bondong membeli rumah meski dengan cara yang diharamkan dalam Islam.

Tak sedikit kaum Muslim yang terjebak dalam jeratan riba hanya karena ingin memiliki rumah. Kebanyakan dari mereka beralasan tidak ingin mengontrak rumah seumur hidup. Sebagian lagi menjadikannya sebagai investasi.

Bukan tak mungkin Anda memiliki rumah sendiri tanpa riba. Ada beberapa cara yang bisa Anda lalukan untuk membeli rumah tanpa riba. Namun, sebelum mengetahui cara beli rumah tanpa riba, Anda harus mengetahui jenis pembelian rumah seperti apa yang terbebas dari riba.

Terdapat tujuh unsur yang bisa menjadikan jual beli rumah sebagai transaksi riba. Jika salah satu saja dari ketujuh tersebut ada di dalam akad, maka transaksi jual beli rumah sudah dikategorikan sebagai transaksi riba. Adapun konsep perumahan syariah tanpa riba adalah sebagai berikut:

– tanpa KPR Bank : Tidak adanya pihak ketiga antara developer dan pembeli.

– tanpa denda : Tidak ada denda apabila pembeli telat membayar cicilan.

– tanpa bunga : Tidak ada nilai bunga pada tiap cicilan.

– tanpa BI checking : Tidak ada sistem BI checking yang membuat permintaan calon pembeli ditolak tanpa alasan.

– tanpa sita : Tidak akan dilakukan penyitaan rumah jika terjadi kredit macet.

– tanpa akad bathil : Akad jual beli harus sesuai dengan syariat Islam.

– tanpa penalty : Tidak ada tambahan biaya apapun (penalty) jika pembeli ingin melunasi cicilannya sebelum jatuh tempo.

Setelah mengetahui konsep perumahan syariah, Anda bisa memilih beberapa cara untuk bisa memiliki rumah tanpa riba. Berikut tiga cara beli rumah tanpa riba yang bisa Anda lakukan.

1. Hidup dengan Satu Penghasilan

Jika Anda memiliki dua sumber penghasilan, misalnya Anda dan pasangan sama-sama bekerja, maka gunakan satu sumber penghasilan untuk kebutuhan. Sedangkan satu sumber lain Anda tahan sebagai tabungan untuk membeli atau membangun rumah.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa menyewa kamar kos atau mengontrak rumah kecil-kecilan. Kurangi rencana liburan dan wisata kuliner. Pengeluaran-pengeluaran tidak penting bisa Anda pangkas untuk menekan biaya.

2. Kredit Syari Langsung ke Developer

Membeli rumah secara kredit tidak harus melalui perantara bank. Saat ini, sudah ada beberapa developer perumahan syariah yang menawarkan kredit rumah tanpa bank. Cara beli rumah tanpa riba ini hanya melibatkan pihak developer dan pembeli saja. Pembeli membayar uang muka dan cicilan langsung kepada pengembang dengan harga yang telah ditentukan tanpa adanya unsur-unsur riba yang telah disebutkan di atas.

3. Beli Tanahnya Dulu, Lalu Bangun Rumahnya

Jika saat ini uang yang Anda miliki tidak cukup untuk membeli rumah, maka Anda cukup membeli tanahnya terlebih dahulu. Sebab, harga tanah akan semakin tinggi jika Anda membelinya saat sudah memiliki uang untuk membangun rumah sekaligus. Setelah tanah sudah Anda miliki, Anda sudah bisa menabung untuk mencicil bangunan rumah Anda hingga selesai.

4. Menabung dalam Bentuk Emas Dinar

Jika menunggu uang terkumpul seluruhnya baru membangun rumah, kemungkinan besar harga material maupun tanah atau rumah jadi yang akan Anda beli sudah semakin mahal. Maka, tak ada salahnya uang tersebut Anda simpan dalam bentuk emas atau dinar. Meski nilainya tidak sebesar investasi lainnya, tetapi cukup efektif untuk menahan nilai mata uang Anda.

Demikianlah artikel mengenai cara membeli rumah tanpa riba yang bisa Anda lakukan. Meski harus lebih sabar dan berhemat, tetapi cara ini bisa menyelamatkan Anda dari jerat hutang yang membuat hidup tidak nyaman.

untuk rumah bandung khususnya bandung timur. Salah satu developer besar yang menggunakan adalah royal bridea dengan perumahan Grahawangi City View yang terbilang sukses dan harganya tergolong murah.