fbpx

Perumahan Syariah Tanpa Riba

Tips Cicil Rumah Tanpa Riba

Tips Cicil Rumah Tanpa Riba. Semua orang apalagi yang sudah berumah tangga pasti ingin memiliki rumah sendiri. Rumah merupakan investasi yang nilainya semakin naik dari tahun ke tahun. Namun harga rumah semakin melambung tinggi sehingga bagi yang memiliki dana terbatas ingin membeli rumah dengan cara cicilan.

Sekarang untuk membeli rumah dengan cara cicilan memang sangat mudah. Sudah banyak agen properti yang menawarkan cicilan rumah dan umumnya melalui bank. Namun semakin banyak pengetahuan masyarakat tentang riba menjadi cicilan melalui bank ini dihindari. Oleh karena itu banyak yang rela menabung dahulu dan mengontrak rumah sementara untuk mendapatkan rumah tanpa riba.

Padahal jika dipahami ada banyak cara untuk memiliki rumah secara cicilan dan bebas riba. Cicilan secara riba berarti menyertakan biaya tambahan yang berbeda jika dilakukan secara cicilan maupun cash. Berikut ini cara cicil rumah tanpa riba yang dapat dilakukan agar segera memiliki rumah.

Cicil Rumah Tanpa Riba
pixels.com

Cicilan di Developer Rumah

Saat ini sudah banyak developer yang mengembangkan perumahan dengan cara mencicil langsung di developer. Cicilan angsuran tiap bulan dapat dibayarkan ke developer tanpa melalui perantara bank. Biasanya jangka waktu cicilan dapat mencapai 15 tahun. Melalui cara ini maka membeli rumah dapat dilakukan secara cicilan dan tanpa terkena riba sehingga lebih aman.

Namun ketika memilih mencicil melalui developer harus berhati-hati karena banyak juga yang kemudian lari dari tanggung jawab. Agar lebih aman dan menghindari hal tersebut maka akan lebih baik jika memilih pengembang yang tergabung dalam Developer Property Syariah. Melalui cara cicilan di pengembang rumah dapat terhindar dari riba dan segera mempunyai rumah sendiri.

Cicilan Bertahap

Selain cara cicilan yang di bayarkan tiap bulan, ada cara lain dari developer yaitu cicilan secara bertahap. Cicilan ini dapat membayar sesuai dengan waktu yang di tentukan dan biasanya jangka waktunya lebih pendek. Cicilan di bagi menjadi beberapa tahap dan perhitungannya di hitung secara prosentase. Misalnya tahap pertama membayar sekian persen dan tahap berikutnya membayar sekian persen.

Untuk pembayaran cicilan dan besarnya yang harus di bayarkan sesuai dengan kesepakatan awal antara pembeli dan developer. Tetap saja jika memilih cara ini harus memilih developer yang dapat di percaya dan mempunyai reputasi baik. Cara cicil rumah tanpa riba ini disesuaikan dengan dana yang di miliki.

Cicilan Rumah Langsung Penjual

Membeli rumah selain melalui developer juga dapat langsung ke penjual pemilik rumah. Mungkin untuk mencari penjual yang mau di bayar pembelian rumah secara mencicil tidak mudah. Tetapi sekarang ini sudah banyak juga penjual yang mau di beli rumahnya dengan cara cicilan langsung tanpa perantara bank.

Untuk mendapatkan rumah yang dapat di cicil langsung ke penjualnya dapat melakukan survei dan memberikan penawaran. Yang paling penting dalam pembelian rumah cara ini adalah adanya kepercayaan dari kedua belah pihak. Agar proses pembelian rumah secara cicilan langsung antara oenjual dan pembeli aman sebaiknya ada perjanjian di notaris.

Cicilan Rumah Melalui Pinjaman Uang

Cara ini harus ada pihak yang dapat di pinjam uangnya misalnya pada orang tua atau teman. Banyaknya pinjaman di sesuaikan dengan harga rumah yang di beli secara kontan. Pembayaran uang pinjaman di lakukan secara mencicil setiap bulan atau sesuai kesepakatan. Melalui cara ini maka dapat mempunyai rumah dan bebas riba.

Riba menjadi kekhawatiran yang sudah di pahami oleh masyarakat secara luas. Oleh karena itu mencicil rumah di bank sangat di hindari. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka cicil rumah tanpa riba dapat melakukan salah satu cara di atas.  

Informasi mengenai konsultasi perumahan shariah bisa hubungi admin di shariaagency.com atau kontak ke : 0812 1970 6879