fbpx

Perumahan Syariah Tanpa Riba

Keuntungan dan Kerugian Pinjaman Dana Untuk Bangun Rumah

Keuntungan dan Kerugian Pinjaman Dana Untuk Bangun Rumah – Rumah merupakan salah satu impian bagia setiap orang. Dan untuk mewujudkannya diperlukan beberapa persiapan yang perlu disediakan. Namun untuk membangun rumah diperlukan dana yang tidak sedikit, tergantung jenis rumah apa yang akan dibuat.

untuk membantu dalam segi finansial pembangunan rumah, saat ini tersedia berbagai jenis pinjaman yang disediakan oleh berbagai pihak lembaga keuangan yang digunakan untuk membangun rumah. Namun pinjaman dana untuk bangun rumah dalam bentuk kredit ini terdapat kerugian dan juga keuntungan yang lumrah dimiliki sistem yang demikian ini.

1. Keuntungan Peminjaman Dana Untuk Membangun Rumah

Berikut adalah keuntungan dari pinjaman uang yang digunakan untuk membangun rumah.

Keuntungan Kredit Multiguna

Kredit multiguna merupakan salah satu jenis kredit yang dapat digunakan untuk keperluan konsumtif. Jenis kredit yang satu ini pun menjadi alternatif yang sangat baik untuk digunakan untuk digunakan sebagai dana pinjaman untuk membangun rumah.

Bunga Yang Ditawarkan Rendah

Dalam hal pinjaman dana yang digunakan untuk membangun rumah memiliki suku bunga yang rendah dan bervariasi, yaitu berkisar antara 9% hingga 12% dari total dana pinjaman yang digunakan untuk membangun rumah.

Disamping itu, agunan yang ditetapkan dalam pinjaman dana untuk bangun rumah ini tidak mengharuskan menggunakan sertifikat tanah atau bangunan, namun dapat juga menggunakan suatu jenis kendaraan. Dan untuk pencairan dana dapat dilakukan 100% sesuai dengan pengajuan dana yang dibutuhkan.

Keuntungan Pinjaman Atau Kredit Membangun Rumah

Namun ternyata, pinjaman untuk membangun rumah lebih memiliki suku bunga yang jauh lebih ringan dengan tenor atau jangka waktu pembayaran yang ditetapkan pun lebih panjang. Dan pada umumnya plafon yang terdapat dalam pinjaman membangun rumah lebih besar.

Jika menggunakan pinjaman dana untuk bangun rumah, Anda dapat secara maksimal menggunakan dana yang dipinjam untuk membangun rumah sesuai dengan yang anda inginkan.

2. Kekurangan Dari Pinjaman Dana

Disamping kelebihannya, pasti terdapat kekurangan dalam kredit dana untuk bangun rumah berikut adalah beberapa diantaranya.

Agunan yang Besar

aspek agunan yang anda ajukan sangat mempengaruhi jaminan agunan yang harus diajukan. Sebagai contoh, Anda memilih kredit untuk bangun rumah maka rumah yang akan dibangun ataupun sertifikat tanahnya yang akan menjadi agunan untuk dana tersebut.

Hal inilah yang mungkin menjadi hal yang memberatkan dalam proses atau persyaratan untuk pinjaman dana untuk bangun rumah.

Besaran Dana Pinjaman

Walaupun ada yang dapat mencairkan hingga 100% sesuai dengan pengajuan, namun tetap masih ada beberapa yang hanya melakukan pencairan hanya mencapai 80% dari kebutuhan atau rencana anggaran yang diajukan. Dengan demikian anda perlu menanggung uang sisanya untuk memenuhi kebutuhan membangun rumah Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam membeli atau membangun rumah, Anda dapat menggunakan jasa terkait yang dapat dipercaya dan dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Agen properti merupakan salah satu alternatif yang paling baik yang dapat membantu Anda mewujudkan rumah impian namun dengan menyesuaikan dengan yang Anda butuhkan.

Salah satunya adalah agen properti syariah seperti shariaagency.com. Agen properti yang satu ini menyediakan berbagai lokasi yang tepat sesuai dengan kota masing-masing. Daftar harga yang tertera pun dipatok sesuai dengan harga yang diberikan oleh developer. Sehingga Anda pun dapat menyesuaikan kebutuhan anda dengan budget yang anda miliki. Segera kunjungi website shariaagency.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Itulah Beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan pinjaman dana untuk bangun rumah. Baiknya anda menimbang-nimbang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman.