fbpx

Perumahan Syariah Tanpa Riba

5 Tips Mencari Perumahan Syariah di Bogor

5 Tips Mencari Perumahan Syariah di Bogor. Mempunyai rumah menjadi idaman bagi setiap orang. Untuk membeli rumah ada dua cara yaitu secara cicilan dan kontan. Jenis perumahan juga bermacam-macam dengan berbagai tema. Salah satu tema perumahan adalah perumahan syariah. Jenis perumahan ini banyak diminati karena dianggap lebih agamis dan mempunyai lingkungan yang aman.

Saat ini sudah banyak perumahan syariah yang terbesar di kota-kota seluruh Indonesia. Perumahan syariah ini memang banyak diburu karena ingin mendapatkan lingkungan secara aman dan agamis. Developer banyak yang kemudian mengembangkan perumahan dengan konsep perumahan karena peminatnya terus bertambah.

Konsep inti dari perumahan syariah ini adalah agar bebas riba. Semakin banyak kesadaran dari masyarakat luas untuk bebas dari riba. Oleh karena itu kemudian dikembangkan perumahan syariah. Salah satu kota yang mengembagkan adalah perumahan syariah di Bogor. Sebelum memilih perumahan syariah maka ada baiknya untuk memahami ciri-cirinya.

Perumahan Syariah di Bogor
Perumahan Syariah di Bogor

1. Kepemilikan

Masalah kepemilikan ini dapat menjadi ciri khas dari perumahan syariah. Di jenis perumahan ini pembeli menjadi pemilik rumah yang sepenuhnya. Pembeli dapat melakukan pembelian langsung dengan developer pengembangnya tanpa melalui perantara bank konvensional. Umumnya perumahan yang biasanya akan memakai perantara bank sebagai pihak ketiga. Melalui cara ini pembelian rumah aman dari riba.

2. Skema Properti Syariah

Skema yang dipakai untuk perumahan syariah adalah memakai akad istishna. Akad ini merupakan jual beli berupa pesanan pembuatan barang dengan persyaratan dan ketentuan sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli. Sebagai contoh, saat membeli perumahan syariah di Bogor maka harus melakukan pemesanan dahulu kemudian diberikan pembayaran.

3. Tidak Terdapat Penambahan dan Pengurangan

Untuk pembayarannya dapat dibayarkan tunai, bertahap atau cicilan. Jenis pembayaran ini disesuaikan dengan kesepakatan antara penjual yaitu pihak developer dan pembeli. Harga yang ditawarkan oleh pengembang mempunyai nilai tetap dan tidak berubah. Jadi meskipun nanti pembayaran dilakukan secara cash atau cicilan tetap memiliki nilai yang sama.

Apabila pembeli ingin membelinya secara cicilan maka ada kesepakatan antara keduanya yaitu jangka waktu dan besar cicilannya. Bahkan besar dan jangka waktu cicilannya dapat di sesuaikan dengan kemampuan dari pembeli. Hanya saja harus ada kesepakatan di awal antara pembeli dan penjualnya.

4. Bebas Riba

Bebas dari riba ini merupakan ciri khas dari properti syariah yang sudah mulai banyak di kembangkan. Untuk membeli perumahan ini secara cicilan tidak akan di lakukan BI Checking. Melalui cara ini akan memudahkan bagi yang memiliki cicilan di bank konvensional namun sedang bermasalah.

Untuk memiliki rumah di perumahan syariah tidak akan memberikan perantara pihak ketiga seperti bank konvensional. Namun jika terpaksa harus memakai pihak ketiga biasanya akan diarahkan ke bank syariah. Tetapi tetap saja harus memperhatikan akadnya agar tidak terjebak di dalam kondisi riba.

5. Tidak Ada Sistem Sita

Perumahan syariah memiliki keunggulan lainnya yaitu tidak ada sistem sita saat terjadi cicilan yang macet. Apabila terjadi kondisi ini maka akan di adakan perundingan antara pihak developer dan pembeli. Sistem ini memberikan keuntungan bagi pembeli yang berbeda dengan cara konvensional. Rumah yang sudah di milikinya tidak akan disita sehingga tetap aman.

Perumahan syariah di Bogor menjadi salah satu contoh dari pengembangan developer yang menyesuaikan pada kondisi saat ini. Sebagian masyarakat sudah enggan untuk bersentuhan dengan riba namun ingin segera mempunyai rumah. Oleh karena itu salah satu caranya adalah memilih perumahan syariah yang di kelola secara syariah untuk menghindari riba.  

5 Tips Mencari Perumahan bisa anda dapatkan informasi mengenai perumahan shariah di bogor silakan hubungi admin shariaagency.com atau kontak wa: 0812 1970 6879