8 Tips Menjadi Muslim yang Produktif Secara Finansial

8 Tips Menjadi Muslim

8 Tips Menjadi Muslim yang Produktif Secara Finansial. Kita semua membelanjakan uang: kita harus memenuhi kebutuhan kita, dan lebih dari itu, kita senang membelanjakannya! Jika kita beruntung, kita juga bisa menyelamatkan beberapa. Tetapi lebih sering daripada tidak, banyak orang akhirnya menghabiskan semua yang mereka miliki tanpa memikirkan konsekuensinya, dan resah ketika mereka benar-benar membutuhkan uang. Uang adalah kebutuhan yang penting – terutama di saat-saat ini – dan wajar jika Anda memenuhi kebutuhan dasar Anda; namun, kita harus menjaga keseimbangan agar kita dapat melunasi pengeluaran kita, menabung sebagian untuk keadaan darurat, dan juga memiliki sedikit tambahan untuk dinikmati.

Mari kita cermati beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menggunakan uang kita secara produktif dan bijaksana, yaitu tanpa menyia-nyiakannya dan berpikir sebelum benar-benar kita belanjakan.

1.Identifikasi pengeluaran Anda

Pertama dan terpenting, Anda perlu dan mencatat semua pengeluaran bulanan yang Anda miliki. Ini tentu saja sedikit berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, dan harus mencakup semua rincian mulai dari makanan, akomodasi, biaya sekolah, biaya transportasi, tagihan listrik, cicilan mobil, pembayaran kartu kredit, dll. Saya juga menyarankan untuk menyisihkan sejumlah uang. untuk amal setiap bulan.

2.Buat spreadsheet atau gunakan aplikasi perangkat lunak

Buat spreadsheet dengan anggaran dan pengeluaran Anda. Sertakan pendapatan bulanan Anda serta akumulasi pendapatan tahunan Anda. Kemudian daftarkan semua pengeluaran Anda dengan angka biaya di sebelahnya. Ini akan memberi tahu Anda apakah penghasilan Anda cukup untuk menutupi pengeluaran Anda. Jika ya, maka Anda kurang lebih berada di jalur yang benar; tetapi jika penghasilan tidak cukup, Anda perlu merampingkan pengeluaran Anda. Anda bahkan dapat melakukan ini dengan lebih efisien melalui beberapa aplikasi iPhone yang berguna seperti Texthog, Cashbase dll.

3.Simpan sekian persen uang Anda

Setelah pengeluaran Anda diuraikan, Anda akan memiliki ide bagus tentang apa yang dapat Anda hemat setiap bulan (dan akhirnya tahunan). Targetkan jumlah ini dan pastikan Anda menyisihkan jumlah yang cukup untuk setiap gaji yang Anda terima. Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki uang di bank jika terjadi keadaan darurat atau pengeluaran pribadi. Idealnya, menabung 10-20% dari pendapatan bulanan seseorang adalah awal yang baik.

4.Catat semua pengeluaran

Catat setiap pengeluaran yang Anda lakukan setiap hari. Misalnya, saya menggunakan buku catatan seluler untuk menyimpan daftar apa yang saya habiskan sepanjang hari. Di akhir setiap minggu, saya mentransfer ini ke spreadsheet di komputer saya untuk membandingkan dengan anggaran saya yang diuraikan.

5.Analisis

Yang perlu Anda pastikan adalah bahwa Anda tidak melupakan tujuan Anda. Sisihkan hari tertentu, (misalnya hari terakhir bulan itu, atau hari Anda menerima gaji Anda) dan analisis pengeluaran Anda. Pertama, Anda harus melihat bahwa Anda menabung jumlah yang telah Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Jika tidak, Anda perlu mencari tahu ke mana sebagian besar uang Anda pergi, dan apakah ada cara untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Mulailah mengerjakan pemotongan ini segera .

6.Tetap Jelas

Cobalah sebisa Anda untuk menghindari hutang – dan jika itu tidak dapat dihindari, pastikan Anda melakukan pembayaran tepat waktu. Sama seperti Anda akan menyisihkan uang untuk ditabung, segera sisihkan jumlah untuk pembayaran hutang, atau bayar secepat mungkin untuk memastikan bahwa cicilan bulanan mobil, pembayaran kembali pinjaman, atau pembayaran kartu kredit aman. Membiarkan pembayaran tersebut menumpuk hanya akan membuat Anda membayar denda untuk keterlambatan pembayaran!

Baca juga : Perumahan Arcamanik

7.Perubahan Gaya Hidup

Singkirkan semua kebiasaan mahal dan terlarang Anda. Ini mungkin harga rokok, harga secangkir kopi Starbucks setiap pagi, atau pengeluaran berlebihan untuk sesuatu yang tidak perlu. Luangkan waktu untuk menghitung berapa banyak yang Anda habiskan untuk kopi, rokok, dan makanan cepat saji setiap tahun dan Anda akan terkejut mengetahui berapa banyak uang yang dapat digunakan secara produktif, dan, seberapa besar kerusakan yang berpotensi Anda lakukan terhadap kesehatan Anda.

8.Penghasilan Sekali Pakai

Jika Anda mengikuti petunjuk di atas dan menabung uang setiap bulan, Anda akan mendapatkan jumlah sekaligus yang bagus yang dapat Anda gunakan sebagai pendapatan sekali pakai. Hadiahi diri Anda sendiri untuk semua kerja keras yang telah Anda lakukan sepanjang tahun. Gunakan uang itu untuk pergi berlibur atau membeli sendiri barang yang selalu Anda inginkan.

8 Tips Menjadi Muslim yang Produktif Secara Finansial apa yang Anda miliki? Tuliskan di bawah ini agar kita semua dapat meningkatkan barakah dalam keuangan kita, insyaAllah!