fbpx

Perumahan Syariah Tanpa Riba

Langkah untuk Membuat Keputusan yang Efektif Bagi Seorang Muslim

Langkah untuk Membuat Keputusan

Langkah untuk Membuat Keputusan yang efektih bagi seorang muslim dalam membangun diri yang sukses dalam kehidupan dan karir. Kebanyakan dari kita menjalankan kebiasaan sehari-hari mengalir begitu saja tanpa membuat jadwal yang baik. Sehingga tidak terbiasa melakukan hal yang baik untum membangun produktifitas diri. Semisal,

Anda bangun di pagi hari, tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk hari itu, buka email Anda. Periksa akun facebook Anda, tidur lagi, pergi kerja sekolah, lakukan sesuatu untuk bertindak sibuk, tunggu waktu untuk keluar waktu, pulang, menonton TV, berbicara dengan beberapa orang di telepon, lalu tidur.

Contoh di atas adalah orang yang tidak tegas. Ketika mereka bangun, mereka tidak MEMUTUSKAN apa yang harus mereka lakukan, mereka tidak MEMUTUSKAN apa rencana mereka untuk hari itu. Mereka tidak MEMUTUSKAN bagaimana mengontrol beberapa variabel yang mengelilingi mereka sehingga mereka dapat memimpin kehidupan mereka yang produktif.

Ketegasan adalah karakteristik seorang Muslim yang produktif – karena hanya dengan membuat keputusan yang efektif Anda akan maju dalam hidup Anda. Semakin Anda berlama-lama, dan membiarkan shaytaan bermain dengan pikiran Anda, semakin Anda akan melambat dan menjadi tidak produktif.

Kuasai seni pengambilan keputusan yang efektif. Saat Anda kehilangan cengkeraman seni ini, orang lain dan keadaan akan membuat keputusan untuk Anda. Saya tahu bahwa membuat keputusan bukanlah hal yang paling mudah dilakukan, terutama karena Anda akan bertanggung jawab atas konsekuensi keputusan Anda. Saya tahu bahwa terlalu nyaman untuk tidak membuat keputusan apa pun dan sebenarnya sangat nyaman untuk membiarkan orang lain memutuskan untuk Anda (bagaimanapun juga, Anda selalu dapat menyalahkan orang lain jika ada yang salah!). Tapi apakah ini yang seharusnya menjadi seorang Muslim? Apakah ini mengapa Allah (Subahanahu Wa Ta’ala) menciptakan otak Anda, hati Anda, dan menciptakan logika, emosi dan akal untuk Anda?

Jika Anda masih tidak yakin, berikut 5 metode langkah sederhana untuk membuat keputusan yang efektif:

1.Pikirkan!

Anda akan terkejut betapa banyak orang tidak berpikir sebelum mereka memutuskan! Dan dengan berpikir, saya tidak bermaksud menghabiskan beberapa menit menatap langit-langit menunggu wahyu datang! Berpikir berarti bertukar pikiran, menganalisis, menarik dari pengalaman Anda. Tentang cara terbaik untuk melakukan tindakan tertentu dan benar-benar meluangkan waktu untuk mengukur implikasi keputusan Anda.

2.Riset / konsultasi

Anda telah menyelesaikan bagian berpikir, sekarang Anda memiliki puluhan pertanyaan… tidak masalah, lakukan riset! Lihatlah sekeliling, bertanya-tanya, dan konsultasikan dengan orang lain. Lontarkan ide dari keluarga / teman dan benar-benar gunakan setiap cara yang mungkin untuk memahami implikasi dari keputusan Anda. Ini sangat baik, untuk bisa mengelompokan atau mempersemput keputusan mana yang bisa Anda ambil.

3.Istikhara

Maha suci Allah, Allah sangat penyayang kepada kita, Dia tahu bahwa akan sulit bagi kita untuk mengambil keputusan dengan mudah, jadi Dia membuka jalur komunikasi khusus bagi kita untuk mengambil keputusan .. itu disebut shalat Istikharah! Baca saja hadits ini dengan seksama dan pahami artinya:

Atas otoritas Jaabir Ibn ‘Abdullah dia berkata: “Nabi (saw) akan memerintahkan kita untuk berdoa memohon bimbingan dalam semua masalah kita, sama seperti dia akan mengajari kita satu bab dari Alquran. Dia akan mengatakan ‘jika ada di antara Anda yang berniat untuk melakukan suatu masalah maka biarkan dia berdoa dua raka’at naafilah, doa dan setelah itu dia harus berdoa:

‘Ya Allah, aku mencari nasihat-Mu dengan ilmu-Mu dan dengan kekuatan-Mu aku mencari kekuatan dan aku memohon kepada-Mu dari nikmat-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau mampu sementara aku tidak dan sesungguhnya Engkau tahu sementara aku tidak dan Engkau Maha Mengetahui yang tak terlihat. Ya Allah, jika Engkau mengetahui persoalan ini -dan di sini ia menyebutkan kebutuhannya- untuk menjadi baik bagiku dalam kaitannya dengan agamaku, hidupku, dan berakhir, maka tetapkan dan fasilitasi untukku, dan berkati aku dengannya, dan jika Engkau ketahuilah persoalan ini menjadi sakit bagiku terhadap agamaku, hidupku, dan akhiri, lalu singkirkan itu dariku dan singkirkan aku darinya, dan tetapkan bagiku apa yang baik di mana pun itu dan buat aku puas dengan itu. ‘

Anda bertanya kepada Allah – Yang Esa yang tahu segalanya tentang apa yang terbaik untuk Anda… jika Anda benar-benar yaqeen (kepastian) dalam doa Anda , apakah menurut Anda Allah akan membuat Anda mengambil keputusan yang “buruk”? Nabi Muhammad SAW bersabda, orang yang melakukan istikharah tidak akan menyesal! Bayangkan seseorang berkata kepada Anda, saya akan memberi Anda formula, jika Anda mengikutinya, Anda tidak akan pernah menyesali keputusan yang Anda buat! Maukah kamu menerima tawaran itu ?!

4.Putuskan / Tindakan

Anda sudah memikirkannya, bertanya kepada orang lain, dan yang terpenting meminta petunjuk Allah (Subahanahu Wa Ta’ala) melalui shalat Istikhara, sekarang bagaimana? ummm..UTUSKAN! Mengambil tindakan! Dan lompat ke dalam keputusan Anda dengan kekuatan penuh dengan mengambil setiap langkah pertama yang mungkin Anda buat, sehingga Anda tidak dapat membalikkan keputusan Anda! Anda ingin membuka bisnis, dan mengambil langkah-langkah di atas, SEKARANG buka dan investasikan uang Anda! Anda ingin melamar orang tertentu dan Anda telah melakukan hal di atas, angkat telepon dan hubungi dia sekarang! Buat keputusan dan segera lakukan sebelum shaytaan berbisik dalam pikiran Anda dan menimbulkan keraguan.

Baca juga: Nasehat buat para suami: tumbuhkan Islam dalam rumah tangga

5.Dua / Tawakkal

Anda telah membuat keputusan, mengambil beberapa tindakan… itu belum berakhir. Berdoa dan percaya pada Allah. Anda mungkin telah membuat keputusan yang tepat, tetapi untuk menindaklanjuti keputusan dengan benar membutuhkan banyak doa, dan percaya kepada Allah ( Subahanahu Wa Ta’ala) jadi jangan menyerah! Dan jangan menyesali keputusan yang telah Anda buat setelah melakukan semua hal di atas, Anda hanya memiliki 2 kemungkinan skenario: Anda telah membuat keputusan yang baik dan segala sesuatunya berjalan dengan baik, atau Anda telah membuat keputusan yang menantang Anda yang mana Anda bisa belajar dari atau Anda telah belajar mengatasinya!

Ya, membuat keputusan itu tidak mudah, tetapi alih-alih menghindarinya dan menanggung akibatnya dalam kehidupan ini dan selanjutnya, kembangkan kekuatan pengambilan keputusan Anda dengan membuat keputusan setiap hari menggunakan langkah-langkah di atas – baik untuk keputusan kecil atau keputusan besar – buat saja keputusan !

Dari penuturan diatas semoga bisa kita ambil hikmahnya, dan membuat jadwal harian, dan membiasakannya, Langkah untuk Membuat Keputusan yang Efektif Bagi Seorang Muslim sehingga kita bisa terbiasa. Insya Allah ini dapat membantu menjaga produktifitas kita sebagai muslim.

Bila Anda senang silakan share artikel ini pada sahabat kita.