fbpx

Perumahan Syariah Tanpa Riba

5 Tips Memilih Property Syariah Bandung yang Aman dan Terpercaya

5 Tips Memilih Property Syariah Bandung yang Aman dan Terpercaya – Bisnis property merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah lesu. Belakangan yang semakin berkembang adalah bisnis property syariah. Tren bisnis property syariah ini ternyata benyak mendapat respon positif dari masyarakat karena property syariah dinilai mampu membantu masyarakat dalam mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri tanpa riba.

Lokasi property syariah sendiri saat ini mulai banyak terdapat di Bandung dan sekitarnya. Tercatat ada sekitar 4 property syariah di daerah Bandung dan sekitarnya yang telah terbukti aman dan terpercaya.

Mengapa harus aman dan terpercaya? Ya, karena telah ada kasus penipuan oleh salah satu property syariah Bandung yang harus Anda waspadai, demikian yang dilansir news.detik.com (19/09/2018).

Nah, agar Anda tidak mudah tertipu property syariah abal-abal alias bodong, beberapa hal ini patut jadi perhatian. Berikut ulasannya.

1.Perhatikan Rekam Jejak Developer

Hal ini penting untuk dipahami, karena untuk pembelian rumah dengan nominal uang puluhan bahkan ratusan juta, seorang pembeli harus lebih teliti. Apalagi konsep property syariah yang tidak mengenal bank, riba, denda, asuransi, dan lain sebagainya.

Khusus property syariah Bandung, Anda harus memperhatikan latar belakang dari pengembang atau developer, pemilik perusahaan sampai memastikannya melalui website, segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Biasanya perusahaan property syariah yang sudah memiliki rekam jejak yang baik, memiliki website dengan tampilan yang bagus akan memasang beragam bukti di websitenya. Cari tahu juga informasi tentang tahun berdiri perusahaan itu.

2.Datangi Kantornya

Tidak hanya melihat dari website, Anda juga harus mendatangi langsung kantornya. Jangan sampai hanya dengan melihat website atau brosur Anda langsung begitu saja percaya dan membeli rumah.

Untuk property syariah Bandung, beberapa perusahaan property syariah yang aman dan terpercaya biasanya telah memiliki kantor sendiri dengan lokasi yang mudah dicari dan tempatnya milik sendiri dan bukan kontrak.

3.Jangan Tergiur Harga Murah

Harga yang terlampau murah untuk sebuah property, patut dicurigai. Karena hal tersebut tidak mungkin, apalagi jika harganya hanya 50 juta. Pembeli harus waspada karena jika dihitung harga rumah murah yang demikian tidak masuk akal.

Berdasarkan seorang praktisi property, Amin, yang di lansir finance.detik.com (09/02/2020) mengatakan bahwa harga rumah murah 50 juta sangat tidak mungkin, karena harus diperhitungkan pula harga tanahnya, bangunan dan biaya jasa pembuatan bangunan tersebut. 

4. Lokasi Proyek Pembangunan Jelas

Selain mendatangi kantor perusahaan pengembang property syariah Bandung, Anda juga harus mendatangi lokasi pembangunan. Bertanya secara kritis, jika perlu berkenalan dengan warga sekitar tempat pembangunan proyek perumahan tersebut.

Cari tahu apakah ada masalah dalam pembangunannya atau tidak. Biasanya perusahaan property syariah yang aman dan terpercaya sudah membuat contoh rumah atau beberapa rumah, sebelum promosi property di lakukan.

5.Perusahaan Developer Tergabung dalam Komunitas

Seringkali hal ini terabaikan oleh pembeli, padahal developer yang tergabung di komunitas sudah di pastikan merupakan perusahaan resmi dan legal karena di dalam komunitas ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk menjadi anggota komunitas.

Perusahaan property syariah Bandung sendiri, beberapa yang aman dan terpercaya telah tergabung dalam komunitas ini. Komunitas tersebut bernama Developer Property Syariah Indonesia.

Jadi, jika Anda ingin memastikan apakan developer Anda merupakan perusahaan yang legal, Anda bisa mengecek keanggotaan mereka di komunitas tersebut.

Demikian  tips mengetahui perusahaan property syariah Bandung yang aman dan terpercaya agar Anda tidak mudah tertipu. Jadi, sudah tahu dong, perusahaan property mana yang akan Anda datangi?